Detail Berita

GOW Bantu Promosikan Jamur

  • Jumat 16 Desember 2011
  • Dibaca: 248 Pengunjung
GOW Bantu Promosikan Jamur

Jamur mulai diminati oleh komunitas pedagang dipasar-pasar tradisional di wilayah Bali. Masyarakat Bali saat ini juga sudah mulai banyak mengkonsumsi jamur, dengan kesadaran jamur merupakan salah satu makanan sehat. Selain itu jamur juga mudah didapat dan harganya ekonomis. Bahkan disebagian warung-warung makan di Bali sudah banyak yang menyediakan menu-menu masakan jamur. Prospek pembudidayaan jamur sangat menjanjikan untuk ditekuni.

Selain promosi untuk meningkatkan citra jamur, diperlukan pula promosi cara memasak berbagai olahan jamur, terutama di Indonesia, khususnya Bali, karena popularitas jamur di masakan tradisional sangat kurang. Untuk itu Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gianyar Bekerja sama dengan IWAPI dan Kelompok Wanita Petani Jamur Merta Sedana mengadakan Lomba Memasak Jamur di Balai Budaya Gianyar (16/12).

Lomba memasak jamur di selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-83, diikuti oleh 20 peserta anggota Kelompok Petani Jamur Merta Sedana yang berasal dari seluruh Bali. Dengan harapan kedepan dapat membantu wanita petani jamur yang ada di Provinsi Bali, khususnya Gianyar untuk mempromosikan dan meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi jamur.

selain itu ditempat yang sama juga diselenggarakan pelatihan memasak kudapan oleh Chef Latif dari Jakarta. Pada hari yang sama juga dilaksanakan pelayanan KB gratis oleh Badan PP&KB Kabupaten Gianyar di Lapangan Astina Gianyar. Acara lain dalam rangka Hari Ibu adalah kunjungan sosial dan donor darah.

Sekretaris Kabupaten Gianyar, Cokorda Gede Putra Nindia menyatakan bahwa kegiatan lomba memasak jamur oleh wanita petani jamur sangat baik guna memberdayakan petani jamur, selain itu juga menjadi ajang promosi jamur sebagai makanan sehat, nutrisi tinggi dengan harga yang terjangkau. Sehingga berdampak pada semakin meningkatnya pendapatan para petani jamur yang mulai marak di Kabupaten Gianyar.

Lebih lanjut Cok Nindia mengapresiasi seluruh kegiatan yang digelar oleh GOW dalam rangka Hari Ibu selain meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas juga memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik dalam bidang sosial maupun kesehatan.

Salah seorang petani jamur, Cokorda Gede Ranajaya merasa senang dan berterimakasih dengan terselenggaranya lomba tersebut karena telah membantu para petani jamur dalam memasyarakatkan jamur.  Terlebih jamur merupakan salah satu pilihan pengganti daging untuk para vegetarian. Selain itu nilai nutrisi yang terkandung dalam jamur sangat bagus dengan alasan 100% sayuran dan bersih, mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral,serta rendah karbohidrat, lemak dan kalori.(Humas Gianyar)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita