Baca Berita

Diskominfo Kab. Gianyar Gelar Sosialisasi Persandian

Oleh : | 05 November 2019 | Dibaca : 71 Pengunjung

Sumber Foto : Humas Gianyar

Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Sosialisasi Persandian Peran dan Fungsi Persandian Daerah Untuk Keamanan Informasi, Selasa (5/11) di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar.

Sosialisasi ini dihadiri Perbekel, Camat dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan narasumber Kepala Sub Bagian Layanan Masyarakat dan Informasi Publik pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia.

Laporan Ketua Panitia Sosialiasi Persandian sekaligus Kepala Bidang Persandian Desak Ketut Ariasih menjelaskan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur yang mengelola keamanan data dan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar dan sekaligus memperkenalkan peran dan fungsi persandian daerah sebagai fasilitor dan perpanjangan tangan dari BSSN Republik Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas I Gede Daging menjelaskan, Diskominfo merupakan dinas yang menjadi sorotan terkait dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik dimana harus sejalan dengan BSSN Republik Indonesia. Pemerintah Kabupaten Gianyar menyadari pentingnya keamanan informasi di tengah penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. oleh sebab itu, I Gede Daging berharap dengan diadakannya sosialisasi ini bisa memberi pemahaman terhadap aparatur dalam pengamanan informasi ini bisa menunjang terwujudnya Gianyar yang aman.

Kepala Sub Bagian Layanan Masyarakat dan Informasi Publik pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia James Leonardo yang dalam hal ini sebagai narasumber menjelaskan, tugas dari BSSN ialah melaksanakan keamanan siber secara efisien dan efektif dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasi semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

Di era digital ini penyelenggaraan pengelolaan dan perlindungan informasi yang berklarifikasi dan faktor kemanan informasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan , karena kinerja tata kelola teknologi informasi dan komunikasi akan terganggu.

“Peran persandian tidak hanya menyangkut kerahasiaan saja akan tetapi persandian juga mempunyai peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengamanan informasi dan terus memberikan pemahaman terhadap perangkat daerah terkait khususnya Pemkab Gianyar,” jelas James Leonardo. AJ/Humas


Oleh : | 05 November 2019 | Dibaca : 71 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :