Baca Berita

Turunkan Angka Pengangguran Pemkab Gianyar Gelar Job Fair Tahun 2019

Oleh : | 10 Oktober 2019 | Dibaca : 47 Pengunjung

Sumber Foto : Humas Gianyar

Pertemukan antara pencari kerja dengan penyedia kerja (perusahaan) secara langsung sehngga mempermudah proses kesempatan kerja, baik untuk penempatan di dalam negeri maupun di luar negeri, Ditjen Binapenta & PKK Kemenaker RI bekerja sama dengan Pemkab Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) di areal parkir Stadion Kapten I Waya Dipta, Gianyar. Pameran yang berlangsung selama 2 (dua) hari (10 s/d 11 Oktober 2019) dibuka secara resmi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita, SH.

Kepala Bidang Perluasan dan Kesempatan Kerja, Disnaker Kab Gianyar, I Wayan Prayana, SE mengatakan, Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Gianyar Tahun 2019 diikuti oleh 30 perusahaan skala lokal dan nasional. Dengan penempatan tenaga kerja regional Bali, termasuk penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan berbagai sektor lapangan usaha. Seperti, pariwisata, retail, perdagangan, PPTKIS, jasa wisata, jasa produksi dan lainnya dengan jumlah lowongan sebanyak 2.424 orang.

Kasi Bursa Kerja Khusus dan Swasta, Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI, Inneke Maria Siregar, SH mengatakan, Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Gianyar dalam rangka menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pemberi kerja, dengan harapan pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kompetensi serta memperluas wasasan perihal ketenagakerjaan saat ini. Sedang, bagi perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kualitas pekerjaan yang dibutuhkan.

Dikatakan, berdasarkan data Badan Puat Statistik (BPS) periode Februari 2019, jumlah angkatan kerja Indonesia sebanyak 136.18 juta. Dari data ini, jumlah pengangguran sebanyak 6.82 juta orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 5.01 persen. Sedangkan, berdasar data BPS Kabupaten Gianyar, total TPT Kabupaten Gianyar pada Agustus 2018 sebesar 1,60 persen atau sebesar 4.978 orang.

“Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah mismath  antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga kerja,” kata Inneke Maria Siregar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita, SH mengatakan, penyelenggaraan Job Fair kali ini mengusung tema “Pokoknya Harus Kerja” sebagai salah satu implementasi dan komitmen Kementerian Ketenagakerjaan RI berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerrja Kabupaten Gianyar bersama instansi terkait dan pihak swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini sekaligus sebagai penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif.

“Penyediaan informasi terpusat melalui kegiatan Job Fair ini mempunyai nilai strategis. Karena dapat memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung antara pengguna dan pencari kerja. Sementara pemerintah bertindak sebagai fasilitator,” terang Dalem Jagadhita.

Dalam konteks globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini Pemerintah Kabupaten Gianyar juga melakukan upaya pengembangan sistem Bursa Kerja Online (BKOL) dengan alamat www.bursakerjagianyar.com yang memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pemberi kerja/perusahaan yang mempunyai lowongan kerja. Informasi lowongan kerja dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh pencari kerja maupun pemberi kerja.

“Selain upaya tersebut, Pemkab Gianyar juga mendorong terbentuknya Bursa Kerja Khusus (BKK) yang merupakan unit pelayanan pada satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi, dan lembaga pelatihan kerja yang memberikan fasilitasi penempatan tenaga kerja kepada alumninya,” imbuh Dalem Jagadhita. (Humas Gianyar)


Oleh : | 10 Oktober 2019 | Dibaca : 47 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :