Baca Berita

Evaluasi SAKIP, Gianyar Kumpulkan OPD

Oleh : | 13 Agustus 2019 | Dibaca : 70 Pengunjung

Sumber Foto : Humas Gianyar

Guna mempersiapkan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gianyar yang dalam waktu dekat akan menghadapi evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang menghadirkan seluruh pimpinan OPD. Rapat evaluasi dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (13/8).

SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan dan merupakan penerapan manajemen kinerja pada sektor publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan reformasi birokrasi, yang berorientasi pada pencapaian outcomes dan upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Ditemui seusai rapat, Sekda Wisnu Wijaya menuturkan bahwa evaluasi SAKIP merupakan program yang sangat strategis dan bermanfaat. “Evaluasi SAKIP sangat strategis dan bermanfaat karena merupakan salah satu indikator ukur keberhasilan OPD terkait pencapaian target yang dituangkan dalam renstra (rencana strategis) masing-masing OPD”, ujar Wisnu Wijaya.

Terkait Reformasi Birokrasi, merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi) ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia.

Wisnu Wijaya juga mengapresiasi Dinas Kesehatan dan Inspektorat Kabupaten Gianyar yang sudah melakukan presentasi dan memperoleh nilai A. Wisnu Wijaya juga berharap   semua OPD dapat menjadikan Diskes dan Inspektorat sebagai cemeti untuk memotivasi diri meningkatkan nilai dengan pemaparan presentasi yang baik. Humas/Abg


Oleh : | 13 Agustus 2019 | Dibaca : 70 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :