Baca Berita

Bupati Mahayastra Hadiri Karya Padudusan Agung Taman Kaja

Oleh : | 15 Juni 2019 | Dibaca : 62 Pengunjung

Sumber Foto : Humas Gianyar

Gianyar- Bupati Gianyar Made Mahayastra menghadiri Tawur Agung / Pedanan dalam rangkaian karya padudusan agung ngenteg linggih lan ngusaba nini ring Pura Desa lan Puseh Desa Pakraman Taman Kaja, Ubud, galah Saniscara Umanis Tolu, Sabtu (15/6). 

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mahayastra menghaturkan punia untuk dipersembahkan selama proses upacara berlangsung. Dan mendoakan, agar alam semesta, jagat Gianyar dan Bali secara umum selalu dalam lindungan Ida sasuhunan. Dijauhkan dari energi buruk, dan bencana alam.

 

Manggala Karya Made Merta Dwipayana mengatakan, karya pedudusan agung sebelumnya terakhir digelar 38 tahun yang lalu, pada 1981 silam. Dengan pertimbangan, keseluruhan renovasi parahyangan yang sudah rampung, pihaknya kembali menggelar karya agung untuk sekaligus memohon perlindungan alam raya dan pembersihan bhuana alit. ”Wali berlangsung sebulan penuh,” ucapnya. 

 

Dwipayana melanjutkan, upacara Tawur Agung dipuput oleh 4 sulinggih, diantaranya Ida Pedanda Griya Batubulan, Ida Pedanda Buda Griya Gunung Sari, Ida Pedanda Griya Peling Baleran, dan Rsi Bujangga Griya Angkling. 

 

Ayah-ayahan tari-tarian dipersembahkan oleh Sekaa Angklung Ubud Kelod, rejang apsari dan baris jago. Topeng, wayang, gambuh sunari wakya Batuan, Selonding Bale Agung Ubud, dan Baleganjur Taman Kaja. Humas/ari


Oleh : | 15 Juni 2019 | Dibaca : 62 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :