Baca Berita

PSN Gelar Penglukatan Agung di Pantai Masceti

Oleh : | 14 Mei 2019 | Dibaca : 58 Pengunjung

Sumber Foto : HumasGianyar

Sanggraha Nusantara (PSN) melaksanakan  Penglukatan Agung pada hari  Banyu Pinaruh   di Pantai Masceti Gianyar, (12/5) pagi.

Penglukatan sehari setelah hari Saraswati ini melibatkan seluruh, anggota,  pinandita dan pengurus PSN Korda Gianyar dengan dukungan Pemkab Gianyar.

"Penglukatan Agung ini baru pertama kali  di Kabupaten Gianyar dan dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/ kota di Bali," terang ketua PSN Korda Gianyar, Jero Mangku Nyoman Sudiana yang ditemui usai upacara.

Upacara penglukatan yang juga diikuti masyarakat umum, di puput tiga sulinggih yakni  Ida Pedanda Gria  Kekeran Blahbatuh, Ida Pedanda Budha Gria Peliatan dan Ida Pedanda  Gria Kawan Keramas.

Jero Mangku Nyoman Sudiana menjelaskan, upacara bertujuan untuk pembersihan diri secara sekala dan niskala sehingga umatl  bersih dari pengaruh atau pikiran negatif.

Upacara yang dimulai dari pukul 05.30 hingga 12.00 wita ini diawali mendak tirta ke tengah segara (laut), persembahyangan dengan upakara bebangkit dan  diakhiri dengan prosesi melukat secara bergilir bagi masyarakat dan pinandita yang hadir yang dilaksanakan oleh tiga sulinggih. 


Oleh : | 14 Mei 2019 | Dibaca : 58 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :