Baca Berita

YKI Cabang Gianyar Gelar Pap Smear Gratis

Oleh : | 15 Maret 2019 | Dibaca : 113 Pengunjung

Sumber Foto : Humas Gianyar

Memperingati HKG PKK ke-47 dan Hari Perempuan Se-Dunia, YKI Cabang Gianyar dengan menggandeng Laboratorium Klinik Prodia Denpasar menggelar pap smear gratis bagi anggota organisasi perempuan di Gianyar. Dengan mendatangkan tim dokter spesialis kandungan dari RSUD Sanjiwani Gianyar, seperti Dr. Nyoman Rudi Susantha, S.POG, dr. Wayan Sudirtayasa, S.POG dan Dr. I.B Udiyoga S.POG, pemeriksaan dilakukan di Poliklinik Kesehatan  Perempuan AMAN di Lingkungan Kantor Pemkab. Gianyar, (15/3).

Berdasarkan data di YKI Cabang Gianyar, jumlah penderita kanker servik menurun secara signifikan bahkan pada tahun 2018 tidak ditemukan penderita atau kasus baru kanker servik. Ini membuktikan kesadaran masyarakat akan deteksi dini sudah bagus.  Meski demikian, menurut Ketua YKI Cabang Gianyar Ny. Ida Ayu Adnyani Mahayastra, pihaknya tidak mau ambil resiko. Pap smear, IVA masih rutin dilakukan di masyarakat. Seperti saat ini terkait peringatan HKG PKK ke -47 dan peringatan Hari Perempuan Sedunia YKI mengadakan pemeriksaan pap smear gratis untuk anggota organisasi perempuan di Gianyar seperti Darma Wanita Persatuan Kabupaten Gianyar, Gatriwara, PKK dan anggota Bayangkari .

Tidak hanya itu, kata Ny. Adnyani Mahayastra kedepannya secara bertahap pap smear juga akan diberikan pada anggota ASN dan pegawai di Lingkungan Pemkab. Gianyar.

“ Kami akan berupaya bekerjasama dengan Laboratorium Prodia agar kegiatan ini bisa rutin minimal 3 bulan sekali, namun untuk roadshow YKI ke desa-desa masih akan terus gencar dilakukan,” ujar Ny. Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, Sekretaris YKI cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa, SKM.M.Kes mengatakan untuk kegiatan kali ini, pap smear diberikan pada sekitar 50 orang, namun untuk antisipasi disiapkan sekitar 100 sediaan. Selain pap smear juga disediakan screening kesehatan seperti pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol. Ditambahkan, jika dalam pemeriksaan ini baik itu pap smear, atau pun screening kesehatan jika ditemui suatu kendala dapat berkonsultasi langsung dengan para dokter di YKI.


Oleh : | 15 Maret 2019 | Dibaca : 113 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :