Baca Berita

Pertama Kali Tawur Agung Kesanga di Gianyar Dipimpin Sarwa Sadhaka

Oleh : | 11 Maret 2019 | Dibaca : 105 Pengunjung

Sumber Foto : (HumasGianyar)

Sehari sebelum Nyepi, seperti biasa dilaksanakan prosesi Tawur Agung Kesanga sebagai bentuk penyucian alam semesta. Di Gianyar, ada yang berbeda dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga dari tahun-tahun sebelumnya  yang diselenggarakan Pemkab Gianyar. Tahun ini Pemkab Gianyar melaksanakan Tawur Agung Kesanga dengan dipimpin oleh sarwa sadhaka di Catus Pata Taman Kota Gianyar, (6/3).

"Dalam sejarah Gianyar, ini pertama kali upacara Tawur Agung Kesanga dipuput sarwa sadhaka," kata Bupati Gianyar Made Mahayastra, disela sela prosesi upacara. Diketahui tahun-tahun sebelumnya, Tawur Agung Kesanga di Gianyar digelar di catus pata balai budaya dan dipimpin tri sadhaka. 

Bupati Mahayastra menyampaikan komitmennya untuk merangkul semua golongan dalam membangun Gianyar dari segala sisi pembangunan baik fisik dan mental. Sebagai pemimpin daerah, Mahayastra ingin menyatukan semua golongan yang selama ini penuh semangat gotong royong mendoakan Gianyar menjadi Gianyar yang maju dan bermartabat di semua bidang. Dan salah satu wujud komitmen tersebut adalah menggunakan sarwa sadhaka dalam prosesi tawur agung ini.

Pelaksanaan Tawur Agung terkait pelaksanaan hari raya Nyepi Caka 1941, diawali dengan penampilan tari rejang dewa, lanjut tari baris gede dan tari rejang oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Gianyar.


Oleh : | 11 Maret 2019 | Dibaca : 105 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :